R E H A T Social Media

Pasti dari judulnya nggak asing lagi kan sama kata itu? 
pengen banget bahas soal "Rehat" karna sekarang kita bener-bener harus kenal sama namanya Rehat. Aku mau cerita disini berdasarkan pengalaman aku dan aku bakal cerita semua apa yang aku rasain soal Rehat dari Social Media.

Coba kita bahas dulu, Apasih sebenernya arti kata Rehat? Menurut KBBI Rehat itu bentuk kata tidak baku dari Rihat yang artinya 'Istirahat' satu kata tapi maknanya banyak menurut aku, artinya juga bener-bener bikin tenang, karena ya kata istirahat itu kaya nyuruh kita buat nenangin diri selepas banyak hal yang udah kita lakuin ataupun kaya berhenti sesaat dari sesuatu yang lama kelamaan bikin kita capek fisik dan capek batin, iya gaksi? kadang kalian sadar ga meskipun kita seneng ngelakuin hal itu tapi kelamaan hal itu bikin kita capek terus jadi ngaruh sama pola pikir atau keadaan fisik dan mental kita. Asli! baru banget sadar akan hal ini, karena zaman sekarang kita tuh kaya dituntut banget buat ngerti sama segala hal yang bahkan hal kita gasuka pun harus ngerti dan tau, tapi menurutku sebenernya untuk gatau atau bodo amat tuh perlu. Beneran deh!

Nah, terus gimana pengalaman aku Rehat dari social media? awalnya aku rehat itu gara-gara patah hati, ini serius haha setiap orang pasti punya respon dan sikap yang berbeda-beda setelah ngerasain patah hati. Awal rehat dari sosmed itu aku rehat dari Instagram dulu, karna emang aplikasi ini tuh bener-bener berpengaruh banget sih sama pola pikir dan tingkat percaya diri aku dan pasti salah satu dari kalian juga pernah ngerasain, aku rehat dari instagram itu taun 2019 bulan september karna ada hal yang menyakitkan terus sebelumnya juga udah kaya toxic aja gitu, nyoba satu minggu untuk off notifikasi dan ini susah sih karna akan selalu dicek terus hahah, lalu setelah itu aku un-install aplikasi ini dan bener-bener aku gabuka sama sekali ya karna saking patah hatinya waktu itu terus aku juga ngerasa capek gajelas dan jadi insecure gitu. Nah setelah nyobain hapus aplikasi, aku nyoba buat rehat dari semua media sosial alias aku turn off semua aplikasi yang ada di handphone aku, kaya line, whats-app, twitter karna kebetulan waktu itu aku lagi libur kuliah juga sih dan gimana kalo ada butuh sama temen atau yang lainnya? aku buka di laptop dengan waktu yang bener-bener singkat jadi kaya cuma ada butuh atau sekedar nanya kabar temen aja udah selesai tapi kuatnya cuma satu minggu karna ada tuntutan kuliah juga. kecuali Instagram sampe sekarang tanggal 18 Januari 2020 aku bener-bener ga install lagi INSTAGRAM  wkwkwk seseneng itu!!!!!! Terus apa yang aku rasain dari Rehat semua sosmed selama satu minggu? aku bener-bener kenal sama diri aku sendiri, aku lebih banyak baca buku terus buat ngalihin rasa penasaran aku nonton drama korea dan itu bener-bener ngaruh banget sih. Kaya banyak banget positive vibes dateng ke diri sendiri (ini serius!!), jadi sering banget mikir positif dan nyemangatin diri sendiri, terus sering bilang 'gapapa' untuk diri sendiri.

Aku bahas ini karna sekarang orang-orang lagi krisis peduli terhadap mental diri sendiri ataupun orang lain, dan banyak banget yang ngalamin kesehatan mental karna mungkin merasa gak cukup sama diri sendiri. Aku juga ga munafik kadang kalo liat instagram tuh suka ngerasa 'ih pengen beli ini' terus 'kapan aku punya ini' bener-bener bikin capek sendiri. 

Sedikit Tips untuk Rehat dari Media Sosial ala Lulu :
1. Selain niat, kita juga harus punya keinginan untuk aware sama diri sendiri dan percaya bahwa ga update di media sosial itu bukan hal buruk.
2. inget apa yang bikin kamu sakit hati atau menurut kamu toxic sampe kamu gamau lagi buka sosial media
3. kasih jangka waktu, kaya misalnya: liat medsos cuma 3 jam sekali atau sehari berapa jam gitu. karna kalo udah candu tuh bener-bener susah!:(
4. Unfoll atau block akun yang bikin kalian gaenak atau dirasa toxic.
5. cari alternatif lain selain media sosial, misalnya: nulis, nonton drama, olahraga dan sebagainya.
6. kalo masih gabisa lepas, buat hal-hal positif di sosial media.

cara-cara ini beneran ngaruh banget diaku, aku gabilang kalo sosial media itu buruk ya temen-temen. tapi ngeliat saat ini banyak banget yang punya masalah di kesehatan mental gara-gara sosial media, aku rasa kita perlu aware sama diri sendiri dan nyoba deep talk sama diri sendiri karna ini juga salah satu bentuk self-love koooo! semangat ya temen-temen! kita mulai dari hal kecil aja untuk cinta sama diri sendiri.

Cheers!



Comments

Popular Posts