My Thesis Journey - Skripsweet

A new life begins, hallo 2023.

    A warm welcome for 2023, seneng sih. Banyak sekali perubahan yang terjadi sepanjang tahun 2022, rasanya ko cepet banget ya? Iyakan, waktu tuh kerasa cepet banget. Pelajaran-pelajaran yang aku lalui sampai sekarang, membangun aku untuk jadi pribadi yang sabar dan concern sama diri sendiri. Beneran deh, saking bingungnya aku beneran gatau harus deskripsiin 2022 kaya gimana. 

    Ya gitu deh, perjalanannya bener-bener mixed feeling banget. Pasti semua gitu gaksi? Tapi bagiku yang spesial dan menarik banget dari taun 2022 tuh ya aku lulus skripsi! hahahaha jujur deh, perasaannya kayak ga percaya oh ternyata bisa juga ya? Setelah banyak kesulitan yang aku alami selama kuliah ini akhirnya aku bisa juga lulus. Deg-degannya ada banget, karena aku beneran bingung sama banyak hal waktu itu. Saat ngerjain skripsi, aku juga disibukin sama kerja part time dan organisasi, yang mana ke-tiga hal ini beneran bikin aku hectic alias riweuh setiap hari. 

My Thesis Journey.

    Jadi waktu Februari 2022, itu aku masuk semester 8. Dimana saat itu aku beneran ketakutan, apa akan lulus tepat waktu atau enggak? Jujur sebenernya ini bukan masalah besar ya, tapi ada beberapa hal yang harus aku pertimbangin salah satunya keuangan. Aku mulai jalanin part time dari November 2021, ini juga salah satu persiapan aku untuk menghadapi semester skripsi HAHA pokonya campur aduk deh rasanya. Mulai dari bulan Oktober 2021, aku melakukan research untuk skripsi aku. Beneran deh, awalnya kayak hah? Ini beneran? Harus mulai dari mana ya? Disitu aku banyak ikutin arahan-arahan dosen mata kuliah juga, aku banyak baca paper dan jurnal. Kalo menurutku, Hubungan Internasional ini topiknya emang sangat luas ya, tapi intinya kita harus tau apa tema yang kita kuasai, sukai, dan pahami. Soalnya tiga hal itu akan nyambung deh sama teori yang akan nanti kita pakai, oiya jangan lupa kenali level analisa nya ya! Aku juga banyak diskusi sama sahabatku, pokonya kerasa banget deh anak semester tua! Hahaha

    Nah setelah itu, pada Februari 2022 aku ambil skripsi dan mulai mengajukan judul ke Kaprodi! Disitu seleksi-seleksi dan dikasih masukan juga untuk judul yang aku ambil, jujur ya aku bukan anak HI yang kegiatannya HI banget (emang gimana? Lol) wkwk tapi ya anak yang kuliah, organisasi, main, cari duit dengan berusaha mempertahankan IPK HAHA. Jadi, saat dihadapkan dengan skripsi beneran se-stress itu, setelah judul acc aku nunggu surat tugas dosbing dan itu lama banget sampai bulan Maret akhir. Alhamdulillah, aku dapet pembimbing yang sangat sangat baik dan supportif (banget!) meskipun awalnya aku takut, tapi setelah dijalanin alhamdulillah seneng banget.
   
    Mulai bimbingan awal April, dengan segala drama dan tangisan yang aku lalui untuk Ujian Proposal (UP). Ganti judul berapa kali, bahkan rombak teori juga :( yang paling sering adalah ganti variabel judul sih.... Itu yang bikin aku pengen nangis, karena ganti variabel aja pasti harus rombak lagi semua kan? Ya gitu deh drama-nya! wkwk beneran bikin stress sampe berat badan turun drastis, tapi aku bersyukur banget punya sahabat dan partner skripsian bareng yang hebat dan sabar. Namanya Fia atau UPII haha! Aku selalu ngerjain dan janjian ke perpus bareng sama dia, kita ambil tema yang sama, ngeluh bareng soal perkuliahan karena hampir semua yang kita hadapi mirip haha. Terus yang bikin aku bersyukur adalah, pembimbingkuu super duper baik. Kedua pembimbingku adalah Dosen yang terbilang sibuk karena memang mereka menimba jabatan, jadi beneran deh Bapak dan Ibu dosbingku super duper sibuk. Tapi.. mereka sangat profesional, banget! Dari mulai waktu bimbingan dan juga revisi, gak nunggu lama, selalu sedia dan tepat janji sama jadwal bimbingan, Alhamdulillah. Sampai akhirnya aku bisa UP di tanggal 2 Juni 2022! 

    Setelah aku UP, aku sempet stuck terus stress yang bikin aku rehat skripsi 3 minggu. Iya, ada beberapa hal yang bikin aku bingung dan gak percaya diri sama skripsi aku setelah UP karena nasihat dan penilaian dosen penguji yang bikin aku down parah. Sampe gamau lagi aku nyentuh skripsi, hahaha bener fase itu tuh emang bakalan ada ko :( setelah itu aku kefikiran takut gak lulus tepat waktu karna pasti aku harus nambah semester dan bingung bilang sama orang tua, Fia juga salah satu orang yang memotivasi aku sih. Jadi gas terus, aku juga ditemenin sama Ari hehe salah satu orang yang sabar nemenin aku. Sampai akhirnya di tanggal 1 September 2022 aku sidang akhir! Yeayy aku beneran ngebut karena takut ga keburu.

    Drama lagi nih pas mau sidang akhir, diperjalanan aku kecelakaan sama mama :) jadi pas dateng ke kampus tuh aku lumayan berdarah darah dan sakit badan karna jatoh haha. Dan alhamdulillaaahnya lulus dengan nilai yang alhamdulillah memuaskan! Wisuda di bulan November, dan aku menjadi pencari kerja~ hahaha alhamdulillah. Aku sangat berterima kasih sama banyak pihak yang udah mendukung aku, dan juga untuk Ibu Dosen Pembimbing aku yang bantu aku publikasi Artikel skripsi aku.

Jadi, welcome to 2023 dengan hal-hal baik yang akan datang! 

Comments

Popular Posts